Gerakan Indonesia Mendunia : Profil dan Kerangka Program Kegiatan - Indonesia Mendunia

Terbaru

Sabtu, 06 Juli 2019

Gerakan Indonesia Mendunia : Profil dan Kerangka Program Kegiatan

Gerakan Indonesia Mendunia : Profil dan Kerangka Program Kegiatan 

Oleh : Faisal Hilmi, Inisiator & Presiden Gerakan Indonesia Mendunia
Tulisan ini dipresentasikan pada meeting kedua Tim 
di Perpustakaan Pusat, Universitas Indonesia, Depok, 06 September 2014.


“Imagination, imagination, imagination!!! Ciptaan besar!!! Kita yang dahulu bisa menciptakan candi-candi besar seperti Borobudur dan Prambanan, terbuat dari batu yang sampai sekarang belum hancur: Kini telah menjadi satu bangsa yang kecil jiwanya.... Jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai imagination. Imagination hebat!” 
#Soekarno

Saat kita berfikir, kita tidak hanya untuk diri sendiri. Dan saat kita bicara, juga kita influential dunia. “Saya berbicara langsung kepada rakyat. Rakyat seluruh Indonesia. Bahkan juga langsung kepada  seluruh dunia. Dari timur sampai ke barat. Dari utara sampai ke selatan” #Soekarno. Dalam ajaran agama kita didorong, bahkan diinstruksikan. Semua agama mengajarkan menjadi sebaik-baik umat dengan cara memberikan manfaat kepada manusia seluas-lusanya. Indonesia sekarang bukan hanya berbicara untuk internal. Indonesia saat ini makin mengencangkan pengaruh baiknya pada dunia. “Bangunlah satu dunia, dimana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan” #Soekarno

Masyarakat kita makin hari makin membaik. Ekonomi kita tumbuh pesat. Middle class kita menanjak tajam terutama generasi muda. Infrastruktur kita makin merata. Standar pendidikan kita makin tinggi. Generasi muda kita begitu penuh jalan kecemerlangan. Generasi kita berani bermimpi melewat batas-baats impian generasi kita sebelumnya. Pemuda kita sekarang bukan hanya lagi berbicara perut, saat ini pemuda kita berbicara menjadi sebaik-baik umat dengan memperluas kebaikan-kebaikan yang kita miliki pada dunia.

Perpustakaan Pusat, Universitas Indonesia, menjadi saksi rapat ke-2 Tim Indonesia Mendunia 
Kita membahas pengembangan SDM bangsa. Kita berbicara mengenai martabat bangsa. Kita bertindak dari Indonesia untuk dunia yang lebih baik. Dan kunci ini ada pada kita generasi muda. Dalam dekade-dekade kedepan. Ada amanah kepemimpinan besar di pundak kita semua. Kita 10 pemuda meyakini adalah yang dijanjikan sang proklamator “Beri aku 10 pemuda, maka akan ku goncangkan Dunia!.

Mengenal Jati Diri Gerakan
Saat kita bermimpi, berbicara, bertindak, dan mengabdi pada kebaikan hidup. Kita akan jauh lebih efektif melalui wadah—perkumpulan ataupun organisasi. Kebersamaan dan managerial yang baik akan memberikan hasil yang besar. Sangat jauh bila kita hanya bergerak sendiri-sendiri. Dan gerakan yang lahir 6 Juni 2014 ini adalah wadah mimpi kita bersama mewujudkan Indonesia mendunia untuk bumi yang lebih baik.

Visi kita adalah menyebarkan kebaikan Nusantara pada dunia untuk bumi yang lebih baik. Misi kita adalah menyelenggarakan kegiatan mengenalkan pariwisata, produk-jasa, dan seni-budaya Indonesia kepada dunia baik di dalam maupun luar negeri, mengangkat martabat bangsa dimata internasional, mengangkat nilai dan kearifan lokal untuk mewujudkan dunia yang lebih baik, mendorong pengaruh secara luas dan lebih besar pemerintah & masyarakat Indonesia untuk dunia yang lebih baik.

Secara sederhana, bila ditanya apa itu gerakan Indonesia Mendunia? Kita adalah gerakan pemuda yang mengenalkan (promote) keindahan pariwisata, produk-jasa dan kearifan seni-budaya Indonesia pada dunia untuk mewujudkan bumi yang lebih baik. Sasaran target utama adalah pemuda Indonesia dan dunia. Bertujuan Indonesia dikenal, bermartabat, berpengaruh & memberikan seluas-luasnya manfaat pada dunia. Pembeda gerakan ini dari gerakan pemuda yang lain yang paling menonjol adalah orientasinya yang keluar (dari Indonesia untuk dunia). Sifatnya gerakan ini adalah organisasi non-profit berdimensi sosial dan politik.

Kerangka Program Dasar & Pengembangan
Pertemuan pertama di UIN Jakarta setelah tim dibentuk, memberikan banyak masukan perapihan organisasi agar lebih baik. Terlebih setelah berkonsultasi beberapa figure. Sehingga tersistem, terarah dan spesifik. Sebelum promoting dengan masyarakat dunia, kami pikir perlu membuat program di dalam negeri sebelumnya dalam rangka mengenal lebih dalam. Sehingga tahu dan memahami jelas saat mengenalkan Indonesia pada dunia internasional nantinya.

Secara prinsip kami telah mengagendakan program Go Global : Indonesian Youth, Travel & Share (G2IYTS) pada juli-agustus 2014. Kita membuat program dari dan untuk pemuda Indonesia (Indonesian Youth) untuk mengenal Indonesia lebih dalam berkeliling 14 provinsi Sabang-Merauke (travel)  dan memberikan seminar di berbagai perguruan tinggi membahas isu tantangan dan peluang pemberlakuan ASEAN Community 2015 (share).

Pada 2016, kita mengagendakan program Indonesian Youth Go Asean (IYGA). Peserta diseleksi secara nasional bekerjasama dengan pihak terkait. Kegiatannya touring 10 negara Asean untuk mengenalkan pariwisata, produk-jasa dan seni-budaya Indonesia pada generasi muda. Khususnya kalangan mahasiswa Asean. Setahap selanjutnya lebih luas lagi pada dunia internasional di luar Asean : Asia, Australia, Afrika, Eropa, dan USA.

Secara sederhana bulan september ini kita melaksanan mini project bertujuan branding :  Indonesia Is , what do you think about Indonesia, & visiting institution/audiensi penjajakan kerjasama (Asean Secretary, Kemenlu, Kemendagri, Kementrian UMKM, Kementrian Pariwisata, Bapenas, Antangin PT. Sido Muncul & Pertamina). Proposal program G2IYTS sudah clear dan mengagendakan kegiatan Sumpah Pemuda bulan oktober depan.

Sejalan itu, kita mendorong pemerintah dan masyarakat Indonesia memiliki posisi kuat dalam percaturan pergaulan global.  Khususnya generasi muda—melalui program edukasi-motivasi dan menyelenggarakan kegiatan—mendorong aktif mempelopori penyelesaian masalah-masalah atau isu internasioanal. Misalnya mempelopori kemerdekaan Palestina sebagai sebuah negara dan ikut aktif mengamankan dari gempuran serangan Israel. Kita menjadi leader bangsa-bansga lain untuk menciptakan perdamaian dunia.

Kita pula membuat program edukasi-motivasi dan menyelenggarakan kegiatan yang mendorong masyarakat khususnya generasi muda untuk mengekspor usaha ataupun jasa asli Indonesia yang dapat dinikmati masyarakat dunia. Menciptakan karya yang menjangkau warga dunia. Tidak kalah penting kita harus membuat program terkait moment-moment penting Indonesia seperti hari kemerdekaan dan sumpah pemuda yang bertemakan sesuai visi dan misi serta tujuan Indonesia Mendunia.

Eksekusi Bersama
Mimpi yang besar. Target yang tinggi. Program yang memberdayakan dan membaikkan dunia. Tidak bisa dikerjakan sendiri sehebat apapun. Diperlukan kerjasama tim yang mau meluangkan waktu, tangguh, solid, dan berinovasi mengembangkan program dan kerjasama demi tercapainya tujuan Indonesia Menunia! Bisa!